• Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh

  • Telp / Fax(0752) 93909

  • Email info@umsb.ac.id

UMSB Akan Membuka Fakultas Kedokteran di Kota Payakumbuh

Payakumbuh, Humas UMSB - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) memiliki rencana strategis ke depan, yakni membuka Fakultas Kedokteran di Kota Payakumbuh. Rektor UMSB, Dr. Riki Saputra, MA mengatakan pembukaan fakultas baru itu akan diawali terlebh dahulu dengan membuka rumah sakit.

"Kami berencana akan menambah dua fakultas lagi di sini, yakni Fakultas Pascasarjana Pertanian dan Fakultas Kedokteran. Ini target kami dalam tujuh tahun ke depan," kata Riki Saputra yang sempat menjadi rektor termuda di Indonesia. Dia dilantik menjadi rektor di usia 36 tahun.

Yang terdekat, kata Riki, UMSB akan membangun rumah sakit sebagai syarat untuk mendirikan Fakultas Kedokteran. Sedangkan Kampus IV UMSB di Payakumbuh yang peletakan batu pertamanya dilaksanakan, Senin (08/06/2020) ditargetkan selesai September 2020. Berikutnya di 2021, UMSB akan membangun rumah sakit di Payakumbuh sebagai persyaratan, jika sebuah perguruan tinggi akan membuka Fakultas Kedokteran.

"Mudah-mudahan nantinya berjalan lancar. Karena membuka Fakultas Kedokteran tidak segampang membuka fakultas lain. Banyak syarat. Namun dari sekarang kita persiapkan," kata Riki Saputra.

Dipilihnya Payakumbuh sebagai lokasi Fakultas Kedokteran UMSB tentu tidak terlepas dari letak strategis Kota Payakumbuh dan juga tingkat perkembangannya. Demikian juga dengan dukungan serius Pemko Payakumbuh terhadap UMSB. Untuk pembangunan Kampus IV UMSB di Payakumbuh, bahkan daerah yang dipimpin Walikota Riza Falepi ini menghibahkan dana Rp1,5 miliar.

"Pemko Payakumbuh sangat mengapresiasi langkah yang diambil UMSB mendirikan kampus di Payakumbuh. Ke depannya diharapkan di kampus ini akan menarik minat banyak warga Payakumbuh untuk melanjutkan pendidikannya," kata Walikota Payakumbuh Riza Falepi, di sela-sela acara peletakan batu pertama pembangunan Kampus IV UMSB di keluarahan Bulakan Balai Kandi, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Menurut Riza, dengan banyaknya warga Payakumbuh yang berkuliah di perguruan tinggi yang ada di Kota Payakumbuh nantinya, dijelaskan Wako Riza Falepi akan mempermudah pemerintah untuk menyediakan beasiswa bagi warga Payakumbuh yang kurang mampu.

"Harapan kita nantinya tidak ada lagi warga Payakumbuh yang tidak mengenyam jenjang perkuliahan, karena kita komit, pendidikan itu prioritas utama dan kita juga menginginkan pihak universitas menyediakan satu kelas beasiswa yang akan dibantu pemerintah," kata Walikota Payakumbuh dua periode tersebut, sebagaimana siaran persnya.

Tidak hanya itu, menurut Riza, dengan berkembangnya perguruan tinggi di Payakumbuh dapat membuat kerja sama antara pemko dengan perguruan tinggi berjalan lebih baik. "Contohnya riset, jadi kita dari pemko bisa bekerja sama terkait ini, karena riset juga penting untuk Kota Payakumbuh," ujar Riza.

Asre, salah seorang tokoh masyarakat Luhak Limopuluah, memuji kerja sama positif yang dibangun oleh Pemko Payakumbuh dan UMSB. Menurut Asre, investasi di bidang pendidikan adalah investasi strategis bagi sebuah daerah. "Investasi di bidang pendidikan adalah investasi yang memiliki dampak jangka pendek, menengah dan panjang. Semoga rencana UMSB membuka Fakultas Kedoteran di Payakumbuh berjalan lancar," kata Asre. (erz)