• Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh

  • Telp / Fax(0752) 93909

  • Email info@umsb.ac.id

Webinar Revitalisasi Pengabdian Masyarakat di Bidang Pertanian Pasca Pandemi Covid-19

Payakumbuh, Humas UMSB – Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Sukses  melaksanakan Webinar dengan tema “Revitalisasi Pengabdian Masyarakat di Bidang Pertanian Pasca Pandemi Covid-19”. Webinar ini dilaksanakan pada hari Sabtu 27 Juni 2020 jam 09.00 sampai selesai secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Webinar yang di ikuti kebanyakan oleh dosen – dosen berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia ini mendapatkan atensi yang sangat besar. Dikarenakan tema yang sangat menarik bagi dosen yang diwajibkan untuk melakukan pengabdian masyarakat.

Webinar dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah sumatera Barat Ir. Rahmawati, MP menyatakan pelaksanaan webinar ini diangkat karena pandemi Covid-19 ini belum akan berakhir dan belum tentu berakhir dalam waktu yang cepat meskipun saat sekarang ini kita telah memasuki era new normal.  

Pengabdian masyarakat yang sudah direncanakan dan wajib dilakukan oleh dosen merupakan keharusan oleh karena itu dilaksanakan webinar ini agar kita bisa melakukan pengabdian masyarakat dalam kadaan pandemi covid-19 ini, sambungnya.

Pemateri kedua yang disampaikan oleh narasumber Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si selaku Ketua/Sekjen Perkumpulan Agroteknologi/ Agroekoteknologi Indonesia (PAGI)  menyatakan “pada zaman new era ini menjadi tantangan sendiri dalam pelaksanaan PKM, dengan adanya covid-19 adanya perubahan prilaku masyarakat sehingga harus ada sinergi dengan peraturan baru atau regulasi”.

Pada saat ini tentu adanya peluang dalam dunia pertanian dikarenakan besarnya kosumsi masyarakat Indonesia berbanding terbalik dengan penghasilan produk pertanian, peluang yang terbesar adalah banyaknya tanah-tanah kosong atau marginal dibeberapa wilayah di Indonesia oleh karena kegiatan PKM bisa difokuskan terhadap memperbaiki lahan kosong yang tidak produktif dengan memamfaatkan kegiatan proyek Kampus Mardeka, seperti KKN, ungkapnya.

Pemateri kedua disampaikan oleh narasumber Dr. Wedy Nasrul, M.Si Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mengatakan “peluang pengabdian masyarakat bisa bekerja sama dengan nagari untuk dijadikan nagari binaan dengan memamfaatkan dana desa yang sesuai dengan keinginan masyarakat”.

Pemateri ketiga narasumber yaitu Dr. Bayu Krisnamurthi Ketua Umum Asosiasi Agribisnis Indonesia (AAI), menyatakan “perguruan tinggi dipaksa oleh covid-19 untuk meningkatkan teknologi dalam perkuliahan maupun dalam pengabdian masyarakat, begitu juga dalam dunia pertanian agar arus barang lebih mudah dijangkau oleh masyarakat. Covid-19 membuat maraknya digitalisasi sehingga memantapkan kembali digitalisasi untuk pertanian terutama dalam pemasaran hasil pertanian.