• Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh

  • Telp / Fax(0752) 93909

  • Email info@umsb.ac.id

Pembekalan PKL Mahasiswa/i Faperta UMSB 2021

Pembekalan PKL Faperta UMSB

Kamis, 18 Februari 2021 Fakultas Pertanian UMSB mengadakan Pembekalan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Ruang Kelas Fakultas Pertanian. Pembekalan PKL ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait tugas dan kewajibannya ketika mereka nanti sudah berada di tempat PKL masing-masing.

Dekan Fakultas Pertanian, Ibu Ir. Rahmawati, MP memberikan arahan kepada mahasiswa yang hadir dalam pembekalan PKL ini. Dekan menyampaikan bahwa PKL ini adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus diselesaikan oleh mahasiswa agar dapat lulus dari Fakultas Pertanian UMSB.

“PKL ini adalah mata kuliah wajib yang harus diselesaikan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian UMSB. Tujuan dilaksanakannya PKL ini diantaranya adalah untuk memperkenalkan mahasiswa secara langsung dengan dunia kerja, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah di tempat PKL, dan untuk mengasah knowledge, skill, dan attitude mahasiswa” ucap dekan.

Acara pembekalan ini juga dihadiri oleh dosen pembimbing lapangan bagi mahasiwa PKL. Dosen Pembimbing Lapangan yang hadir diantaranya Ibu Husnarti, SP, M.Si, Rizqha Sepriyanti Burano, ST, M.Si, Dr. Ir. Yusnaweti Amir, MP, Ir. Sevindrajuta, MP, Chika Sumbari, SP, MP, dan Revi Ernanda, SP, M.Si.

Selain itu, pembekalan ini juga dihadiri oleh mahasiswa yang akan melaksanan PKL baik mahasiswa dari program studi agribisnis dan agroteknologi. Total mahasiswa yang akan melaksanakan PKL adalah sebanyak 31 orang yang terdiri dari 16 orang dari Program Studi Agroteknologi dan 15 orang dari Program Studi Agribisnis.

Kaprodi Agribisnis, Ibu Husnarti, SP, M.Si dalam penjelasannya menyampaikan bahwa PKL Fakultas Pertanian akan dilaksanakan pada tanggal 22 Februari – 22 Maret 2021. Mahasiswa akan ditempatkan pada 3 lokasi berbeda yaitu, Dinas Tanaman Pangan  dan Hortikultura Kab. Lima Puluh Kota, Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh, dan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Payakumbuh.

Seluruh civitas akademika Fakultas Pertanian UMSB berharap pelaksanaan PKL kali ini diharapkan dapat berjalan lebih baik dari pelaksanaan PKL sebelum-sebelumnya. Mahasiswa diharapkan dapat menyesuaikan diri dan membaur di tempat PKL masing-masing. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan agar dapat menjaga nama baik kampus dan muhammadiyah serta menjaga adab, nilai, dan norma masyarkat.